Life Style

Potensi Diri

Cara Mengetahui Potensi yang Ada Pada Diri

Potensi Diri

Dalam menjalani hidup setiap manusia atau individu memiliki karakteristiknya masing-masing, baik dalam hal kegemaran hingga kemampuan.

Terdapat juga kemungkinan-kemungkinan yang mungkin belum disadari oleh setiap individu terkait kemampuan apa yang dimilikinya dan hal ini biasa disebut dengan potensi diri.

Dalam artikel kali ini pembahasan akan lebih berfokus kepada mengenal potensi yang terdapat pada diri, bagaimana cara mengetahui potensi diri hingga mengembangkannya.

Pastikan Anda menyimak tulisan berikut hingga usai guna memahami dan menemukan apa yang menjadi potensi pada diri Anda.

Baca juga: 6 Cara Investasi Untuk Pemula

Apa Itu Potensi Diri?

Potensi Diri

Potensi diri adalah kemampuan atau bakat terpendam yang ada pada diri seseorang untuk mencapai keberhasilan dalam kehidupannya. Potensi diri dapat berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, kreativitas, dan kemampuan untuk mengatasi tantangan.

Tidak sedikit orang yang belum menyadari potensi yang terdapat pada dirinya, hal ini karena minimnya kesadaran yang berorientasi kepada tujuan hidup yang mutlak.

Syarat penting yang menjadi dasar untuk mengetahui potensi diri adalah menentukan untuk memiliki tujuan hidup. Dengan memiliki tujuan hidup seseorang mampu menentukan jalan hidup yang cocok untuk mencapai tujuan tersebut dan di sinilah potensi diri akan muncul perlahan untuk seseorang bisa rasakan dengan cara menganalisanya.

Dengan melakukan analisa potensi diri, kita bisa mengetahui apa yang perlu kita lakukan untuk mengembangkan diri dan mencapai tujuan hidup.

Baca juga: Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana

Analisa Potensi Diri

Terdapat beberapa acuan untuk bisa mengetahui apa yang menjadi postensi pada diri dari hal kegemaran dan yang lainnya. Berikut ini adalah cara agar lebih mudah menganalisa dan mengetahui apa yang menjadi potensi pada diri.

1. Refleksi Diri

Saat kita merefleksikan diri, kita bisa memikirkan apa yang telah dicapai, bagaimana cara kita mendapatkan pencapaian tersebut, dan bagaimana kita dapat mengembangkan potensi tersebut.

Dalam merefleksikan diri, kita bisa mengingat keberhasilan dan kegagalan yang telah kita alami serta mencari tahu apa yang membuat kita sukses dan apa yang harus diubah agar kita bisa berkembang lebih baik lagi.

2. Mengidentifikasi Kelebihan dan Kekurangan

Setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam menganalisa potensi diri, kita perlu mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan tersebut. Kelebihan bisa menjadi modal kita untuk mencapai tujuan hidup, sedangkan kekurangan bisa kita ubah menjadi kelebihan.

3. Ketahui Aktivitas yang Anda Cintai

Mengetahui kegiatan yang kita cintai akan memberi sinyal mengenai potensi yang terdapat pada diri sendiri. Karena dengan merasa nyaman dan mencintai suatu aktivitas, manusia cenderung akan lebih bahagia dan enjoy dalam melakukan aktivitas tersebut.

4. Menguasai aktivitas yang Anda Cintai

Setelah mengetahui kegiatan apa yang membuat kita bahagia dalam bentuk yang positif maka poin yang selanjutnya adalah menguasainya.

Sebagai contoh Anda mencintai aktivitas olahraga seperti sepak bola atau Anda gemar menulis, pasti akan timbul tuntutan dan motivasi pada diri Anda untuk bisa menguasai teknik atau skill yang ada pada bidang tersebut.

5. Mengenali Tipe Kecerdasan

Dalam dunia ini terdapat beberapa tipe kecerdasan yang mampu membantu Anda menemukan potensi yang ada pada diri. Pahami dan renungkan mana yang terdapat pada diri Anda.

Keterkaitan Tipe–Tipe Kecerdasan Dengan Potensi Diri

Setiap individu diciptakan dan telah dianugrahi sebuah kecerdasan. Terdapat beberapa tipe kecerdasan yang setiap orang mungkin tidak menyadarinya.

Howard Gardner adalah seorang tokoh pendidikan dan psikologi yang mencetuskan multiple intelligencis atau teori kecerdasan menjadi 8. Berikut adalah penjelasan sederhananya yang bisa membantu Anda menemukan potensi diri :

  • Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik adalah kecerdasan merangkai dan mengolah kata, lancar dalam menyampaikan suatu hal baik pada sedikit orang atau banyak. Kemampuan ini juga membuat seseorang yang lihai berdebat dan menulis juga selalu bisa meyakinkan orang lain dengan kata kata yang diucapkannya.

  • Kecerdasan Matematik & Logika

Pada tipe kecerdasan ini manusia mampu merancang suatu rencana atau hal dengan baik, memiliki kemampuan yang baik serta mampu menyelesaikan masalah dengan logis. Orang dengan tipe kecerdasan ini juga mampu melakukan perhitungan dengan cepat.

Dengan tipe kecerdasan ini seseorang mampu berfikir secara rasional dan dapat memikirkan kemungkinan – kemungkinan yang akan terjadi secara logis.

Apakah ini Anda rasakan? Mungkin tipe kecerdasan ini menjadi salah satu dari potensi diri Anda.

  • Kecerdasan Visual

Tipe kecerdasan ini mampu untuk memahami dan memanipulasi ruang visual dengan mengamati suatu objek dengan cermat dan akurat.

  • Kecerdasan Kinestetik

Dalam hal ini seseorang mempunyai keterampilan dan kemampuan untuk menggunakan tubuh dengan baik, seperti dalam olahraga atau tari. Kecerdasan ini mencakup kemampuan atau kemahiran yang melibatkan gerakan tubuh.

  • Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan yang berpotensi menjadi potensi diri ini memiliki ketertarikan untuk mengamati dan memahami orang lain serta mudah mengenali karakter manusia. Seseorang dengan kecerdasan ini mereka suka bekerja sama dengan orang lain atau bekerja kelompok.

  • Kecerdasan Intrapersonal

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini cenderung suka merenung dan mengintrospeksi diri juga lebih berusaha menggali kemampuan dari diri pribadi. Selain itu ciri dari kecerdasan interpersonal yakni mengenai pengetahuan tentang kekuatan, kelemahan dan mampu merasakan apa yang sesungguhnya orang lain inginkan.

Selain itu tipe kecerdasan ini juga pandai dalam mengambil hikmah dari peristiwa yang terjadi dan memiliki empati yang tinggi.

  • Kecerdasan Naturalis

Seorang dengan kecerdasan ini mampu dengan mudah mengelompokkan berbagai hal disekitar lingkungannya dan mampu memahami sifat-sifat hewan dan tumbuhan. Sehingga dengan ini seseorang mampu memberikan atau mengambil manfaat terhadap alam.

Mereka yang memiliki potensi diri pada hal naturalis juga mampu merasakan alam dengan baik sehingga seringkali tepat dalam memprediksi gejala alam.

  • Kecerdasan Irama Musik

Dalam kecerdasan ini manusia memiliki kepekaan terhadap ritme, melodi yang cirinya adalah sangat mudah mengingat nada lagu yang baru yang baru saja mereka dengar.

Teori Gardner ini mengusulkan bahwa setiap orang memiliki kombinasi yang unik dari kecerdasan-kecerdasan ini, dan tidak ada satu jenis kecerdasan yang lebih penting atau lebih superior dari yang lain.

Dengan mengetahui tipe-tipe kecerdasan tersebut maka Anda akan semakin mudah untuk bisa merasakan potensi yang terdapat pada diri Anda.

Related Articles

Back to top button