Layanan

Perbedaan Container 20 Feet dan 40 Feet

Fungsi & Manfaat Container

Container 20 Feet dan 40 Feet: Pengenalan dan Penggunaan

Container kargo merupakan salah satu elemen penting dalam industri pengiriman dan perdagangan, baik dalam skala Nasional maupun Internasional.

Mereka memainkan peran krusial dalam mengamankan dan melindungi barang-barang yang dikirim dari satu tempat ke tempat seperti antar pulau. Itu sebabnya penyedia jasa peti kemas atau container banyak peminatnya, terlebih dalam hal urusan distribusi barang.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang dua jenis, yaitu container yang berjenis 20 feet dan 40 feet. Kami akan menjelaskan ukuran, penggunaan, dan manfaat dari masing-masing jenis container ini. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

Baca juga: Jasa Pengiriman Sparepart

Perbedaan Umum Pada Container 20 Feet & 40 Feet

Perbedaan container 20 Feet dan 40 Feet

Kedua jenis container ini memiliki spesifikasinya masing-masing, semua bergantung pada kebutuhannya. Agar Anda tidak bingung dalam memilih layanan container pada sebuah penyedia jasa cargo, pastikan simak informasi berikut ini:

1. Container 20 Feet

Container 20 feet merupakan salah satu jenis container yang paling sering digunakan di dunia. Dimensi umum dari container ini adalah panjang 20 kaki (sekitar 6,1 meter), lebar 8 kaki (sekitar 2,4 meter), dan tinggi 8,5 kaki (sekitar 2,6 meter).

Container 20 feet ini sering disebut sebagai TEU (Twenty-foot Equivalent Unit). Container ini memiliki kapasitas muatan sekitar 33 kubik meter dan dapat menampung sekitar 10 hingga 11 palet.

Jenis container 20 feet berguna untuk mengangkut barang-barang yang lebih sedikit, seperti barang konsumen, pakaian, peralatan elektronik, dan produk-produk kecil lainnya. Container ini juga cocok untuk pengiriman domestik melalui jalur darat, jalur kereta api, dan transportasi internal di pelabuhan.

2. Container 40 Feet

Container 40 feet, juga dikenal sebagai FEU (Forty-foot Equivalent Unit), adalah jenis container yang lebih besar. Dimensi standar dari container ini adalah panjang 40 kaki (sekitar 12,2 meter), lebar 8 kaki (sekitar 2,4 meter), dan tinggi 8,5 kaki (sekitar 2,6 meter).

Container jenis ini memiliki kapasitas dua kali lipat dari container 20 feet, yaitu sekitar 67 kubik meter dan dapat menampung sekitar 20 hingga 21 palet.

Container 40 feet biasanya digunakan untuk mengangkut barang-barang dalam jumlah yang lebih besar, seperti mesin industri, kendaraan, furniture, dan barang-barang besar lainnya. Jenis Container ini juga sering menjadi sarana untuk pengiriman internasional di kapal kargo, karena dapat dengan mudah dalam penempatannya menggunakan crane di pelabuhan.

Baca juga: Jasa Kirim Motor

Manfaat Container 20 Feet dan 40 Feet

  • Perlindungan

Container kargo memberikan perlindungan yang baik terhadap kondisi cuaca, kelembaban, dan guncangan selama pengiriman barang. Mereka terbuat dari baja tahan karat yang kokoh dan kedap air.

  • Efisiensi dan Kompatibilitas

Container 20 feet dan 40 feet dirancang dengan standar internasional yang membuat mereka kompatibel dengan berbagai alat angkut, seperti truk, kereta api, dan kapal kargo. Hal ini memudahkan dalam proses pengiriman dan pengaturan logistik.

  • Kemudahan Bongkar Muat

Container ini dapat dengan mudah di bongkar muat menggunakan peralatan pengangkut khusus, seperti forklift dan crane di pelabuhan. Alat-alat tersebut tentunya sudah tersedia pada setiap port atau tempat penempatan conatainer seperti pelabuhan.

  • Efisiensi Biaya

Dalam penggunaan container tentu memiliki tujuan utama untuk memangkas pengeluaran dengan muatan satu kali jalan. Perbedaan container 20 feet dan 40 feet tentu terlihat dari segi biayanya, Anda bisa memilih jenis container ini sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.

Kesimpulan

Berikut tadi adalah penjelasan singkat mengenai manfaat hingga perbedaan dari kedua jenis container. Dalam memilih antara container 20 kaki dan 40 kaki, penting untuk mempertimbangkan volume barang, aksesibilitas lokasi pengiriman, dan anggaran pengiriman yang tersedia.

Related Articles

Back to top button