Asuransi

Asuransi Kendaraan Bermotor

3 Jenis Asuransi Kendaraan yang Bisa Anda Gunakan

Asuransi kendaraan bermotor adalah jenis asuransi yang berguna untuk melindungi kendaraan bermotor dari berbagai risiko yang mungkin terjadi. Seperti kerusakan atau kehilangan akibat kecelakaan, kebakaran, atau kerusakan akibat faktor cuaca.

Ada beberapa jenis asuransi kendaraan yang tersedia, termasuk asuransi all risk, asuransi TLO (Total Loss Only), dan asuransi kerugian paripurna.

Lalu bagaimana penjelasannya? Pastikan menyimak informasi berikut hingga usai, ya.

3 Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor yang Bisa Anda Gunakan

Asuransi Kendaraan Bermotor

Sebelum Anda beranjak untuk mendaftarkan kendaraan Anda ke pihak asuransi, berikut ini adalah 3 jenis asuransi yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

Asuransi Kendaraan Bermotor All Risk

Asuransi all risk adalah jenis asuransi yang melindungi kendaraan dari berbagai risiko. Termasuk diantaranya kerusakan atau kehilangan akibat kecelakaan, kebakaran, atau kerusakan akibat faktor cuaca.

Umumnya, asuransi all risk juga mencakup perlindungan untuk kerugian yang disebabkan oleh perampokan atau pencurian.

Asuransi TLO (Total Loss Only)

Asuransi ini hanya melindungi kendaraan dari kerugian total, yaitu kerugian yang terjadi ketika kendaraan tidak dapat diperbaiki lagi atau biaya perbaikannya lebih besar daripada nilai kendaraan tersebut.

Jika kendaraan masih dapat diperbaiki setelah terjadi kerusakan, maka pemilik kendaraan tidak akan mendapatkan perlindungan/klaim dari asuransi jenis TLO.

Baca Juga: 6 Jenis Asuransi

Asuransi Kerugian Paripurna

Asuransi kerugian prima merupakan jenis asuransi kendaraan bermotor yang mencakup kerugian total maupun kerugian sebagian. Jenis asuransi ini akan memberikan ganti rugi kepada pemilik kendaraan baik kendaraan dapat diperbaiki atau tidak.

Dalam kondisi kendaraan tidak dapat diperbaiki, maka pemilik akan mendapat ganti rugi sesuai dengan nilai pasar saat ini dari kendaraan yang rusak tersebut.

Selain itu, asuransi kendaraanjuga mencakup perlindungan untuk kerugian dari dampak sengketa lalu lintas. Jika pemilik kendaraan terlibat dalam kecelakaan dan terbukti bersalah, maka asuransi akan menanggung kerugian kepada pihak lain yang mengalami kerugian.

Namun jika pemilik kendaraan terbukti tidak bersalah, maka asuransi tidak akan memberikan ganti rugi.

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Harga Premi Asuransi Kendaraan Bermotor

1. Tipe Kendaraan

Harga premi asuransi kendaraan dapat terpengaruh oleh tipe kendaraan yang Anda pakai. Kendaraan yang lebih mewah atau yang memiliki fitur keamanan lebih canggih, biasanya akan memiliki premi yang lebih tinggi.

2. Jenis Asuransi

Jenis asuransi yang Anda pilih juga akan mempengaruhi harga premi asuransi kendaraan bermotor. Asuransi all risk akan memiliki premi yang lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi TLO atau asuransi kerugian paripurna.

3. Jumlah Tahun Pemilik Kendaraan

Faktor ini mengacu pada berapa lama pemilik memiliki kendaraan, semakin lama kendaraan sudah terpakai maka biasanya premi akan lebih rendah.

4. Riwayat Kecelakaan

Riwayat kecelakaan yang pemilik kendaraan miliki dapat mempengaruhi harga premi asuransi. Pemilik kendaraan dengan riwayat kecelakaan yang sering akan memiliki premi yang lebih tinggi, berbeda dengan pemilik kendaraan yang tidak pernah terlibat dalam kecelakaan.

5. Lokasi Tinggal

Faktor lokasi pemilik kendaraan tinggal juga mempengaruhi harga premi asuransi kendaraan bermotor. Premi asuransi akan lebih tinggi jika pemilik kendaraan tinggal di daerah yang memiliki tingkat kecelakaan yang tinggi.

6. Usia Pemilik Kendaraan

Pemilik kendaraan yang lebih muda memiliki tingkat lebih risiko lebih tinggi. Jadi harga premi asuransi akan lebih tinggi jika pemilik kendaraan lebih muda.

7. Jumlah Jarak Tempuh

Jumlah jarak yang kendaraan tempuh setiap hari juga mempengaruhi harga premi asuransi kendaraan. Semakin jauh jarak tempuh setiap hari, maka premi akan lebih tinggi.

8. Paket Tambahan Asuransi Kendaraan Bermotor

beberapa paket tambahan seperti paket pengamanan, perlindungan jiwa dan lainnya dapat menambah harga premi. Namun layanan atau tambahan paket tersebut memiliki manfaat perlindungan yang lebih lengkap untuk pemilik kendaraan.

Nah berikut tadi adalah informasi lengkap mengenai asuransi kendaraan bermotor. Pastikan Anda memahami syarat dan ketentuan yang berlaku pada setiap penyedia jasa asuransi agar tidak timbul kesalahpahaman yang berakibat kerugian terhadap diri Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button