Asuransi

4 Cara Mengecek Saldo Jaminan Hari Tua

Cara Mudah Cek Saldo JHT Anda

4 Cara Mengecek Saldo Jaminan Hari Tua

Jaminan Hari Tua adalah program yang diusung oleh pemerintah untuk memberi dukungan finansial bagi masyarakat yang sudah tidak mampu bekerja lagi. BPJS Ketenagakerjaan menjadi instansi yang mengelola program ini dan dapat terakses oleh seluruh masyarakat yang sudah berusia 55 tahun atau lebih.

Tentunya banyak manfaat yang terdapat pada program jaminan hari tua, salah satu diantaranya adalah ketidak khawatiran akan kondisi finansial pada saat usia lanjut.

Itu sebabnya untuk kali ini Iklanpagi akan membahas secara tuntas bagaimana caranya Anda bisa mengecek saldo jaminan hari tua Anda.

Lalu bagaimana caranya? Yuk simak informasi berikut hingga usai.

4 Cara Mudah yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengecek Jaminan Hari Tua

4 Cara Mengecek Saldo Jaminan Hari Tua

Untuk dapat mengetahui saldo Jaminan Hari Tua Anda, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah cara-cara tersebut:

1. Melalui Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan

Anda dapat mengecek saldo Jaminan Hari Tua Anda melalui aplikasi BPJS Ketenagakerjaan. Aplikasi ini dapat Anda download di Google Play Store atau App Store.

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, Anda dapat masuk dengan menggunakan nomor BPJS Ketenagakerjaan dan PIN yang Anda miliki. Kemudian, Anda dapat mengecek saldo Jaminan Hari Tua Anda di menu “Informasi Saldo”.

Setelah memasukkan nomor BPJS dan pin di menu informasi saldo, maka akan muncul tampilan jumlah akumulasi saldo Anda.

Baca Juga: 6 Jenis Asuransi

2. Melalui SMS

Salah satu dari 4 cara mengecek saldo jaminan hari tua yang cukup mudah adalah dengan melalui SMS. Anda dapat mengecek saldo Jaminan Hari Tua Anda melalui SMS. Cara ini sangat mudah untuk Anda lakukan, cukup dengan mengirimkan pesan singkat ke nomor BPJS Ketenagakerjaan.

Namun sebelumnya Anda harus perlu registrasi via SMS untuk bisa mengecek saldo dengan format: Daftar Saldoe#No KTP#TGL Lahir(DD-MM-YYYY)#No Peserta#Email.

Format pesan yang harus Anda kirim adalah “CEK SALDO JHT [nomor BPJS Ketenagakerjaan]” kemudian kirim ke nomor 2757. Setelahnya Anda akan menerima balasan SMS yang berisi saldo Jaminan Hari Tua Anda.

3. Melalui Website BPJS Ketenagakerjaan

Anda juga dapat mengecek saldo Jaminan Hari Tua Anda melalui website BPJS Ketenagakerjaan. Cara ini tidak jauh berbeda dengan cara yang sebelumnya dengan mengecek melalui aplikasi BPJS.

Caranya anda dapat masuk ke website tersebut dengan menggunakan nomor BPJS Ketenagakerjaan dan password Anda. Kemudian, Anda dapat mengecek saldo Jaminan Hari Tua Anda di menu “Informasi Saldo”.

4. Melalui Kantor BPJS Ketenagakerjaan

4 cara mengecek saldo jaminan hari tua yang terakhir adalah dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Anda dapat mengecek saldo Jaminan Hari Tua Anda melalui kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Anda dapat mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa identitas diri Anda dan nomor BPJS Ketenagakerjaan. Setelahnya petugas di kantor tersebut akan membantu Anda untuk mengecek saldo Jaminan Hari Tua Anda.

Syarat Untuk Mencairkan Jaminan Hari Tua

Melansir dari website bpjsketenagakerjaan.go.id, jaminan hari tua bisa dicarikan ketika memenuhi salah satu syarat berikut ini:

  • Mengundurkan diri atau di PHK di tempat kerja.
  • Telah memasuki usia pensiun.
  • Cacat total tetap
  • Meninggalkan wilayah NKRI untuk selamanya (WNI)
  • Meninggalkan wilayah NKRI untuk selamanya (WNA)
  • Klaim sebagian 10%
  • Klaim sebagian 30% untuk perumahan.

Itulah beberapa cara mengecek saldo jaminan hari tua yang bisa Anda lakukan. Pastikan Anda memasukkan data pribadi yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button